Wisuda Anak-Anak Papua di Australia

QUEENDSLAND | Upacara wisuda TAFE Queensland, Australia yang berlangsung tanggal 21 Agustus 2023 di kampus South Bank, berlangsung dalam suasana gembira.

Ada momen yang menarik dalam acara wisuda tersebut, ketika 4 putri Papua dipanggil untuk mengikuti prosesi pemindahan tali di topi toga dan menerima ijazah. Mereka mendapat pelukan hangat yang tulus dari dose pembimbingnya.

Momen ini mendapat perhatian luar biasa dari para wisudawan dan orang tua yang hadir di sana. Anastasia Yandong Kossay, Apela Omabak dan Kanaan Abidondifu dipeluk erat dosen mereka, Sanet Fraser. Begitupun Olympiani Hamadi dipeluk dosennya Kate O’Mara.

“Kami senang dan Bahagia mendapat kasih sayang tulus dari pengajar kami,”ungkap Kanaan Abidondifu.

Bacaan Lainnya

Keempat putri Papua itu juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe. “Terobosan pendidikan luar biasa yang Bapak Lukas buat untuk Papua. Kami apresiasi sekali program beasiswa khusus lulusan SMK. Terima kasih bapak, Tuhan Jesus memberkatimu,”ungkap mereka.

Kanaan menambahkan beasiswa program Siswa Unggul Papua (SUP) Vokasi yang dipelopori Gubernur Enembe sangat membantu mereka menyelesaikan studi tepat waktu dan bisa bekerja di Brisbane, Australia.

“Jalur beasiswa SMA dan SMK tidak boleh digabung, karena kebutuhan belajar anak SMA dan SMK itu beda. Jadi terobosan yang bapak Gubernur Enembe buat ini terobosan besar sekali untuk pendidikan di Tanah Papua,”ucapnya.

4 putri Orang Asli Papua (OAP) diwisuda di Brisbane, Australia pada tanggal 21-21 Agustus 2023. Keempatnya adalah Anastasia Yandong Kossay, Apela Omabak dan Kanaan Abidondifu, dan Olympiani Hamadi.

Anastasia Yandong Kossay, diwisuda dari program Diploma of Accounting. Olympiani Hamadi, program Diploma of Travel and Tourism Management.

Sedangkan Apela Omabak dan Kanaan Abidondifu, wisuda dari program Diploma of Business dan Diploma of Leadership and Management.

“Terima kasih bapak Gubernur Lukas Enembe, Pemerintah Provinsi Papua dan BPSDM Papua,”ungkap keempatnya.

Direktur SAGU Foundation, Tisha Rumbewas mengatakan keempat putra putri OAP tersebut merupakan penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua melalui Program Siswa Unggul Papua (SUP) Vokasi.

Mereka menunaikan kewajibannya dengan baik, studi tepat waktu dan langsung bekerja di Brisbane. “Keempat siswa tersebut menyelesaikan studi tepat waktu dan mereka sudah bekerja di kota Brisbane,”ungkap Tisha Rumbewas, Kamis malam, 24 Agustus 2023.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *