Wapres Tekankan Empat Strategi Khusus Pembangunan Papua Pegunungan

WAMENA | Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meresmikan pencanangan Program Strategis Nasional (PSN) dan Program Strategis Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aithousa, Jl. Trikora, Kota Wamena, Rabu (06/05/2024).

“Dari tanah Wamena yang indah ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan,” ungkap Wapres mengawali pidatonya.

Pertama, ia meminta agar sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah yang tepat terus dibangun.

“Terus laksanakan agenda-agenda prioritas sesuai kearifan lokal dan konteks wilayah. Penyusunan rencana pembangunan daerah yang tepat akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wapres dikutip laman resminya.

Bacaan Lainnya

Kedua, Wapres mengarahkan, agar strategi dalam menurunkan tingkat kemahalan di Papua Pegunungan dirumuskan secara komprehensif.

“Percepat pembukaan isolasi wilayah guna peningkatan pelayanan dasar dan pengembangan komoditas-komoditas unggulan daerah. Dorong hadirnya kawasan-kawasan sentra pangan guna menghasilkan stok pangan yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pintanya.

Ketiga, Wapres menginstruksikan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan terus memastikan langkah-langkah teknis persiapan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana prasarana pemerintahan provinsi di 2024 berjalan dengan baik.

“Saya meminta Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan untuk terus membuka ruang komunikasi dengan masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan daerah,” tegasnya.

Keempat, Wapres mengimbau, penggunaan narasi positif secara intensif dan inklusif untuk menangkal berita bohong (hoaks) yang kontraproduktif dengan upaya pemerintah membangun perdamaian dan kesejahteraan di Papua, terus digalakkan.

“Bangun terus kepercayaan masyarakat melalui pendekatan kultural dan keagamaan. Terus rawat rumah besar Papua Pegunungan di atas landasan kasih antarsesama,” imbaunya.

Terakhir, Wapres berharap pencanangan PSN dan program strategis Provinsi Papua Pegunungan hari ini menjadi penanda dimulainya upaya dan tekad untuk membangun kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok Provinsi Papua Pegunungan.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya canangkan Program Strategis Nasional dan Program Strategis Provinsi Papua Pegunungan,” ucapnya.

Sebelumnya pada kesempatan ini, Pj. Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai melaporkan perkembangan Provinsi Papua Pegunungan yang merupakan salah satu daerah otonom baru di Papua melalui sebuah tayangan video.

“Kami di Wamena ini, terus melakukan konsolidasi langkah-langkah percepatan pembangunan, dan juga bersama dengan dukungan TNI dan Polri yang berada di Tanah Papua Pegunungan ini, dan juga seluruh masyarakat luas,” ungkap Velix.

Dalam tayangan video, ditampilkan bagaimana Velix berkunjung ke 8 kabupaten di Papua Pegunungan untuk mengimplementasikan berbagai program strategis. Di antaranya program sarapan sehat anak sekolah di Kabupaten Talikora, panen ikan budidaya di Kabupaten Jayawijaya, meresmikan Kantor Wilayah Bogo GIDI, Kelila, Kabupaten Mamberamo Tengah, membangun lumbung pangan di Kabupaten Yahukimo, dan mengembangkan potensi Kopi Tiom di Kabupaten Lanny Jaya. Selain itu, Velix juga turut memfasilitasi pembentukan dan pelantikan Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Pegunungan masa jabatan 2023 – 2028.

Selain itu, dalam tayangan tersebut, diterangkan pula bahwa Provinsi Papua Pegunungan dibentuk berdasarkan UU 16 Nomor 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan, dan berdasarkan Pasal 6, lbu Kota Provinsi Papua Pegunungan berkedudukan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Adapun tujuan pembentukan Provinsi Papua Pegunungan adalah untuk mempercepat pemerataan pembangunan, peningkatan pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, juga untuk mengangkat harkat dan martabat Orang Asli Papua, khususnya di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga.

PSN yang dicanangkan Wapres di Wamena adalah Perpanjangan Runway Bandara Wamena (APBN Kementerian Perhubungan 2024) dan Pembangunan Jalan Nasional Trans Papua, Wamena-Jayapura, (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan APBN 2024).

Adapun Program Strategis Provinsi yang dicanangkan Wapres, meliputi Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Provinsi Papua Pegunungan dan Gedung VIP Bandara Wamena (APBD Provinsi 2024), Pencanangan Kawasan Sentra Pangan Kab Jayawijaya (APBD Kabupaten Jayawijaya 2024), Proyek Ketenagalistrikan (24 jam) di Kabupaten Lanny Jaya (PT PLN 2024), serta Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Jayawijaya (APBD Kabupaten Jayawiyaya 2024).

Hadir dalam acara ini, di antaranya Pj. Bupati Nduga Elai Giban, Pj. Bupati Jayawijaya Sumule Tumbo, Pj. Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom, Bupati Yahukimo Didimus Yahuli, Pj. Bupati Yalimo Nahor Nekwek, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, Pj. Bupati Mamberamo Tengah Manogar Sirait, Pj. Bupati Tolikara Marthen Kogoya, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Papua Pegunungan Wasuol Demianus Siep, Anggota BP3OKP Hantor Matuan, Тokoh Masyarakat Adat Wouma Paulus Matuan, Тokoh Masyarakat Adat Walesi Ismail Wetapo, para Pimpinan Majelis Rakyat Papua (MRP) serta segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Pegunungan.

Sementara, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, PIh. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, dan Robikin Emhas.(TIM/RL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *