Wapres Kunker 5 hari di 3 DOB Papua

JAKARTA | Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Senin pagi, 03 Juni 2024, bertolak ke Merauke Papua Selatan dalam rangka melakukan kunjungan kerja (kunker) selama lima hari.

Pukul 09.00 WIB Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas lepas landas menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jadwal resmi Wapres yang dirilis Setwapres, Senin siang menyebutkan, Ma’ruf Amin beserta rombongan dijadwalkan akan berada di Tanah Papua selama 5 hari dan mengunjungi 3 provinsi di Tanah Papua yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

Orang nomor dua di Indonesia itu dijadwalkan tiba pada pukul 18.00 WIT, Wapres disambut Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pangdam XVII/ Cenderawasih Izak Pangemanan, Kapolda Papua Mathius Derek Fakhiri, Danlantamal XI Merauke Kunto Tjahjono, dan Danlanud J.A. Dimara Agus Mulyadi.

Bacaan Lainnya

Pada Selasa (04/06/2024), Wapres diagendakan akan bertemu dengan Pj. Gubernur Papua Selatan, para Bupati, para tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat se-Papua Selatan di Swiss-belhotel Merauke.

Setelah itu, Wapres akan menghadiri acara Pencanangan Pembangunan Sentra Sarana dan Prasarana Pemerintah Provinsi Papua Selatan untuk melakukan peletakan batu pertama dan penandatangan prasasti. Rangkaian agenda kunker hari ini ditutup dengan kunjungan Wapres ke Kawasan Perkebunan Tebu Sermayam.

Hari berikutnya, Rabu (05/06/2024), Wapres beranjak ke Wamena, Papua Pegunungan, untuk melakukan peninjauan papan informasi dan maket rencana pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, serta peninjauan pameran UMKM Dekranasda Provinsi Papua Pegunungan.

Di hari keempat kunker, Kamis (06/06/2024), Wapres akan terbang ke Sorong, Papua Barat Daya untuk melanjutkan serangkaian agenda kerja. Adapun kegiatan pertama Wapres adalah menghadiri Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Papua Barat Daya. Kemudian, Wapres akan berkunjung ke wilayah pemukiman nelayan, Malawei untuk melakukan peninjauan dan penyerahan bantuan Paket Logistik Keluarga.

Pada hari terakhir, Jumat (07/06/2024), Wapres dijadwalkan meresmikan Peluncuran Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua, RIPPP, dan SIPPP di Aston Sorong Hotel & Conference Center.

Usai melaksanakan Salat Jumat, Wapres beserta Ibu Hj. Wury dan rombongan kembali ke Jakarta.

Melalui kunker ini, masyarakat Papua diharapkan dapat merasakan dampak positif dari berbagai aspek, di antaranya terkait pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi lokal.

Wapres berkomitmen terus mendukung dan mempercepat pembangunan di tanah Papua demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Wapres ingin melihat secara langsung persoalan masyarakat Papua agar dapat memberikan solusi yang efektif. Selain itu, kunker ini juga merupakan manifestasi dari prinsip yang kerap digaungkan Wapres, yakni “menggaruk di tempat yang gatal”.

Turut mendampingi Wapres pada kunker kali ini, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo yang bergabung di Merauke, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, PIh. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Suprayoga Hadi, Staf Khusus (Stafsus) Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Stafsus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Stafsus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Muhammad Imam Aziz, Stafsus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Tim Ahli Wapres Johan Tedja dan Farhat Brachma, serta Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan.(TIM/RLS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *