Uncen Optimalisasi Sistem Informasi dan Aplikasi Beasiswa

JAYAPURA | Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan prima kepada mahasiswa, guna mewujudkan world class university.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan Uncen adalah optimalisasi pengelolaan data dan informasi akademik, evaluasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan optimalisasi aplikasi beasiswa.

Mewujudkan hal tersebut, pekan kemarin, Sub Bagian Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Uncen mengikuti workshop yang digelar University Club Gadjah Mada Yogyakarta bekerjasama dengan PT. Solusi Kampus Indonesia, selama dua hari (26-27/09/2023).

Account Manager University Club Gadjah Mada Yogyakarta, Arif Rahayu Fitriawan mengatakan akurasi dan validasi data informasi sangat penting dalam penyusunan dan penetapan kebijakan dan program yang akan dilakukan.

Bacaan Lainnya

Pengelolaan data informasi secara optimal dan terintegrasi juga diperlukan untuk mewujudkan pelayanan prima serta membangun citra positif institusi.

“Workshop semacam ini sangat penting dan menjadi salah satu bentuk eksistensi BAAK Uncen dalam membangun citra positif sekaligus mendukung terwujudnya visi institusi,”ujar Arif Rahayu didampingi Monika Agustami Kristy, ST.,M.Eng dan Febry Fidelia Prasastiwi, S.Kom.

Ia menambahkan dalam optimalisasi pengelolaan data sistem informasi akademik dan evaluasi penerimaan mahasiswa baru merupakan terobosan yang patut dilakukan Uncen untuk menciptakan serta mengoptimalkan sistem pengelolaan data informasi.

“Tim Uncen juga dapat mengembangkan fitur-fitur baru di Uncen sehingga dapat mempermudah operator dalam pelaksanaan kegiatan akademik. Uncen harus bisa lebih proaktif lagi terkait dengan implementasi lebih maksimal lagi,”pungkasnya.

Sub Koordinator Pendidikan Uncen, Arlius Abisay mengatakan bahwa Uncen telah menggunakan sistem informasi pengelolaan akademik dan pemberian pelayanan pendidikan atau yang dikenal dengan Sistem aplikasi SIAKAD telah digunakan Uncen sejak 2019.

Sehingga aplikasi SIAKAD tinggal dioptimalisasi saja. Dan diharapkan pada wisuda periode III tahun 2023 yang dijadwalkan pada November 2023 sudah bisa diterapkan.

“Pendaftaran calon peserta wisuda dapat dilakukan oleh mahasiswa sendiri melalui aplikasi SIAKAD dan kita lihat sama-sama kekurangan yang terjadi agar kita bisa benahi dari tingkat fakultas sampai ke rektorat Uncen,“ungkapnya.

Sementara itu, Donny S.W Kbarek, SE.,M.Si selaku Sub Koordinator Kesejahteraan Kemahasiswaan Uncen berharap dengan optimalisasi system informasi akan berdampak positif pada penggunaan aplikasi beasiswa.

“Kedepannya Uncen akan memerlukan suatu fitur yang mampu menyajikan data jumlah mahasiswa, jumlah beasiswa dan kemampuan keuangan. Sehingga Uncen punya Bank Data termasuk informasi perkembangan perkuliahan mahasiswa seperti Indeks Prestasinya (IPK),”tandas Donny Kbarek.

diwakili oleh Arlius Abisay, SE (Sub Koordinator Pendidikan), Donny S.W Kbarek, SE.,M.Si (Sub Koordinator Kesejahteraan Kemahasiswaan), Bambang P (Sub Koordinator Registrasi) serta 20-an orang peserta yang merupakan staf IT dan Kepala Sub Bagian dari berbagai fakultas dan unit kerja di lingkungan Uncen mengikuti workshop dari PT. Solusi Kampus Indonesia yang dilaksanakan di University Club Gadjah Madha Yogyakarta, pada hari Selasa – Rabu (26-27/09/2023).*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *