Pra PON Muaythai: Papua Tengah Urutan 12

SURABAYA | Kontingen Muaythai Jawa Timur (Jatim), keluar sebagai juara umum Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh-Sumut 2024, digelar pada 20 – 26 Agustus 2023, di Gelora Pancasila, Surabaya.

Muaythai Jatim mengoleksi 7 medali emas, 9 perak dan 3 perunggu. Sebanyak tujuh medali emas Jatim disumbangkan dari empat nomor seni dan tiga nomor fight.

Peringkat kedua, Muaythai Jawa Barat (Jabar) mengantongi 6 medali emas, 7 perak dan 3 perunggu. Di peringkat ketiga, ditempati Muaythai Banten dengan 2 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu.

Dari tanah Papua, kontingen MI Papua Tengah membuat kejutan dengan meraih 1 perak dan 2 perunggu, berada di urutan 12 . Sementara MI Papua berada di urutan 16 dengan tiga perunggu dan MI Papua Barat 1 Perunggu.

Bacaan Lainnya

Ketua MI Jawa Timur (Jatim), Baso Juherman mengatakan Jatim mengantongi 20 tiket ke PON 2024 nanti dari 22 nomor yang dipertandingkan, dengan rincian, empat nomor seni dan 16 nomor tarung.

Hasil ini mengejutkan bagi Jatim, sebab ini merupakan olahraga baru di Jatim namun sudah bisa mencapai prestasi yang luar biasa. “Saya tidak punya target, namun anak-anak sudah latihan, training camp lima bulan, akhirnya mereka dapat hasilnya. Ini prestasi luar biasa bagi Jatim,” ujar Baso dikutip rilis resmi Humas KONI Jatim, Minggu 27 Agustus 2023.

Baso mengakui, tidak mudah meraih hasil ini karena persaingan antar provinsi cukup ketat, terutama Jabar yang memiliki banyak atlet berkualitas di nomor fight.

Meski tampil sebagai juara umum, ia meminta para atlet Jatim tak cepat puas dan terus memacu diri. Karena persaingan di PON akan lebih berat lantaran semua provinsi akan mempersiapkan diri lebih matang.

Baso berharap, di sisa waktu sebelum pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang, atlet Muay Thai Jatim khususnya di nomor fight berlatih lebih optimal. Sebab, mengaca pada hasil final Muaythai BK PON XXI Aceh-Sumut 2024, di mana Jatim yang meloloskan 12 atlet ke final, hanya tiga nomor yang sukses menghasilkan medali emas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo resmi menutup Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai 2023 di GOR Pancasila Surabaya, Sabtu sore, 26 Agustus 2023.

Pada acara penutupan tersebut, Menpora Dito menyambut positif ajang ini sebagai pembinaan jangka panjang untuk cabor Muaythai. Apalagi ajang ini mendapat sambutan luar biasa dari daerah sebagai kompetisi untuk kualifikasi PON 2024 yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Babak kualifikasi PON Muaythai digelar 20-26 Agustus 2023 dengan mempertandingkan sebanyak 22 kelas dan nomor. Rinciannya, empat nomor seni dan 18 kelas fight, diikuti 31 provinsi.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *