Porprov Papua Selatan Digelar Oktober

Pj GUbernur Saat Melantik 11 Pengurus Provinsi Cabor di Merauke.

MERAUKE | Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah Provinsi Papua Selatan bersama KONI pada bulan Oktober 2023 menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Penjabat Gubernur Papua Selatan, Dr.Ir Apolo Safanpo mengatakan penyelenggaraan Poprov ini sebagai ajang pemanasan dan persiapan para atlet jelang PON XXI Aceh-Sumut, sekaligus meramaikan peringatan HUT Provinsi Papua Selatan ke 1.

“Tepatnya bulan Oktober nanti akan dicanangkan sebagai bulan dies natalis Provinsi Papua Selatan yang ke pertama dan bersamaan dengan itu akan digelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov),”ungkapnya di Merauke.

Pada PON Aceh-Sumut 2024 mendatang, kata Safanpo, Papua Selatan mengirimkan 30 atlet sebagaimana kuota yang telah ditetapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Bacaan Lainnya

“Untuk Daerah Otonom Baru (DOB) hanya boleh ikut Cabang Olahraga (Cabor) perorangan. Sedangkan untuk Cabor Beregu disyarakatkan ikut babak kualifikasi atau Pra PON. Sementara babak pra kualifikasi sudah berjalan, Jadi kita fokus ke Cabor perorangan,”ujar Safanpo.

Ketua Umum KONI Papua Selatan itu memastikan sebanyak 30 atlet bakal difasilitasi untuk mengikuti PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Dari kuota 30 atlet, KONI Papua Selatan telah mengirim calon atlet dari 25 Cabor ke KONI pusat dan sudah diverifikasi. Hasilnya 28 atlet dinyatakan lolos dan tersebar pada 17 Cabor perorangan.

“Kita masih punya kuota 2 atlet lagi dan segera akan diisi untuk memenuhi kuota yang telah ditentukan,”jelasnya.

Sebelumnya, Kamis sore (14/9/2023), Apolo Safanpo melantik 11 Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabor masing-masing Pengprov PBVSI, FASI, PERCASI, PERBASI, IPSI, PSTI, POSSI, IODI, PERSAMBI, PERGATSI dan POBSI.

Ia berharap pada Pengprov dapat segera melakukan pembinaan guna menyiapkan atlet-atlet terbaiknya mengikuti Poprov seklaligus persiapan menuju PON XXI Aceh-Sumut.

Diketahui, Peresminan Provinsi Papua Selatan bersamaan dengan Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan pada tanggal 11 November 2023 oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Peresmian Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *