Pj Gubernur Resmikan Revitalisasi Jembatan Tor Sarmi

SARMI | Penjabat (Pj) Gubernur Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, SE., MM, di dampingi Pj Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, SH., MM, meresmikan revitalisasi Ikon Jembatan Pelangi Kali Tor di Kabupaten Sarmi, Selasa, 19/9/23.

Peresmian revitalisasi ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj Gubernur Papua dan Pj Bupati Sarmi.

Pj Gubernur Rumasukun menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Papua sangat merespon baik dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sarmi untuk revitalisasi Jembatan Tor yang dapat dijadikan sebagai ikon wisata.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Papua ketika membuka Festival Negeri Seribu Ombak Sail Teluk Cenderawasih, di Telaga Cemara, Kampung Holmafen Distrik Sarmi Timur, Selasa kemarin, 19/9/2023.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam peresmian tersebut sejumlah pejabat dari Kementerian dan Provinsi Papua serta Forkopimda Kabupaten Sarmi.

Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, SH., MM, di sela-sela peresmian itu mengatakan bahwa, peresmian situs wisata revitalisasi Jembatan Pelangi Sungai Tor merupakan upaya untuk merawat kawasan dan bangunan serta menjadikannya sebagai ikon wisata baru kebanggaan masyarakat Sarmi.

“Masyarakat sekarang dapat menggunjungi dan menikmati wajah baru Jembatan Pelangi yang di cat warna warni sedemikian rupa lebih indah, dan lebih nyaman.
Ketika para pengunjung yang berkunjung ke Kabupaten Sarmi dapat membeli gembok lalu menuliskan pesan, setelah di gembok di Jembatan Tor lalu kuncinya langsung dapat di buang ke Kali Tor,” kata Mansnembra.

“Dengan mengusung konsep ini, saya yakin dengan wajah baru akan menjadi ikon besar pariwisata di Kabupaten Sarmi dan tentu juga menjadi kebanggaan Provinsi Papua,” kata Mansnembra dalam keterangan resminya.

Tari Lima Suku
Memasuki hari ke- 2 Festival Negeri 1000 Ombak Sail Teluk Cenderawasih Kabupaten Sarmi, Panitia Festival menggelar berbagai event, salah satunya adalah menampilkan Tari 5 Suku yang diikuti oleh beberapa sanggar tari adat yang ada di wilayah adat Kabupaten Sarmi (suku Sobey, Armati, Rumbuay, Manirem dan Isirawa)

Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari (Rabu, 20/9/2023) di pantai wisata Telaga Cemara, Kampung Holmafen, Distrik Sarmi Timur Kabupaten Sarmi.

Dalam event tersebut sanggar tari tampil membawakan tarian adat ciri khas masing-masing suku, dengan busana dan aksesoris yang indah, memukau, menghibur serta memanjakan mata para pengunjung.

Sarmi Raih Rekor MURI
Dalam rangka Festival Negeri 1000 Ombak Sail Teluk Cenderawasih yang dilaksanakan tepatnya di Kampung Holmafen, Telaga Cemara Distrik Sarmi Timur, Kabupaten Sarmi.

Telah dilaksanakan kegiatan makan kelapa muda dan pembagian udang Tiger terbanyak yang diikuti oleh seluruh peserta ASN, TNI, POLRI dan masyarakat yang hadir saat itu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Panitia Festival Negeri Seribu Ombak Sail Teluk Cenderawasih dengan maksud untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sarmi.

Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, SH., MM dalam kepemimpinannya, memimpin Kabupaten Sarmi sejak Juni 2022 sampai dengan saat ini telah berhasil meraih 2 (dua) Rekor MURI terbaru sekaligus, yaitu makan kelapa muda terbanyak dengan jumlah 20.000 buah kelapa dan pembagian udang Tiger terbanyak dengan jumlah 1,7 ton, pada tanggal 19 September 2023.

Untuk Kabupaten Sarmi, kedudukannya saat ini masih menyamai rekor makan kelapa muda terbanyak yang pernah di raih oleh Kota Jayapura setelah mengalahkan Thailand dengan jumlah 20.000 buah kelapa, pada tahun 2018 yang diadakan di Pantai Skouw Kota Jayapura.

Sedangkan untuk pembagian udang Tiger terbanyak, ini adalah sejarah baru dalam rekor dunia, di mana Sarmi dapat memecahkan rekor nasional bahkan dunia, dengan 1,7 ton udang Tiger yang di tangkap langsung oleh nelayan yang beroperasi di perairan laut Sarmi.

Festival Negeri Seribu Ombak
Bertempat di Pantai Wisata Telaga cemara, Kampung Holmafen, Distrik Sarmi Timur, Pj Gubernur Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, SE., MM, Selasa,19 September 2023 membuka secara resmi Festival Negeri 1000 Ombak ditandai dengan pemukulan tifa.

Acara yang dimulai dengan Pembukaan yang dibawakan oleh MC, dilanjutkan dengan Doa yang bawakan Oleh Kepala Kantor Agama Kabupaten Sarmi, Michael Dandirwalu, S.Th.

Acara dilanjutkan dengan Laporan Pj Bupati Sarmi kepada tamu undangan dan masyarakat Sarmi, Mengawali laporannya, Pj Bupati Sarmi menyampaikan terima kasih kepada para tamu undangan dan masyarakat Sarmi yang antusias untuk hadir dalam acara Festival Negeri Seribu Ombak (FNSO) 2023.

Ia mengatakan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat mempersiapkan segala sesuatu untuk acara pembukaan ini,

“Sarmi merupakan Kabupaten terkaya yang memiliki lautan yang luas, dalamnya terdapat berbagai macam biota laut, ikan dan udang, begitu juga Sarmi memiliki hutan yang luas dengan hasil hutan yang harus dikelola dengan baik, begitu juga dengan beragam budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.”*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *