Pemerintah Diminta Tuntaskan Pembangunan Trans Wamena

WAMENA | Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diminta menggenjot perbaikan jalan trans Jayapura- Wamena agar menekan disparitas harga di Provinsi Papua Pegunungan.

Permintaan ini disampaikan pengusaha ritel kepada Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo,SH,MH saat meninjau aktivitas di pusat-pusat perbelanjaan dan pasar yang berada di kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pekan ini.

“Kami minta agar Pemprov Papua Pegunungan mendorong Pemerintah Pusat untuk memperbaiki infrastruktur jalan darat ke Wamena sehingga bisa menekan harga bahan makanan maupun bahan bangunan di daerah ini,”ungkap manajer Mall Yuda Wamena.

Selain jalan trans Jayapura-Wamena, pembangunan dermaga di perbatasan antara Kabupaten Nduga dan Kabupaten Asmat dan pembangunan ruas jalan penghubung antar 8 kabupaten di Pegunungan Papua perlu dibangun seperti ruas jalan Wamena-Yahukimo dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Dermaga diantara perbatasan Nduga dan Asmat dan jalan antar kabupaten di Papua Pegunungan juga harus mendapat perhatian pemerintah pusat dan provinsi,”ujarnya.

Disparitas harga antara Papua Pegunungan masih cukup tinggi. Pasalny, distribusi bahan makanan dan material bangunan masih diangkut menggunakan moda tranportasi udara.

“Kami pedagang masih tergantung dengan tranportasi udara, pesawat untuk suplai bahan makanan dan bahan bangunan. Harga jual beli belum bisa sama dengan daerah lain (luar Papua). Makanya kita minta pemerintah percepat perbaikan jalan Jayapura-Wamena,”pinta manajer yuda mall.

Menginteraksi permintaan tersebut, Pj Gubernur Kondomo memastikan bahwa pemerintah akan berupaya untuk percepatan pembangunan infrastruktur di daerah itu.

“Pemerintah Papua Pegunungan memperhatikan hal itu, dan kita akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan perbaikan ruas jalan Jayapura-Wamena. Begitupun infrastuktur lainnya,”kata Kondomo.

Ia mengatakan pentingnya infrastruktur untuk menopang ekonomi, termasuk juga upaya peningkatan pendapatan masyarakat asli Papua Pegunungan.

“Infrastruktur jalan dan dermaga sangat penting untuk menopang percepatan ekonomi didaerah kita. Juga untuk mendorong pendapatan perkapita masyarakat. Pemprov Papua Pegunungan akan membuka lahan pertanian skala besar dengan melibatkan masyarakat untuk komoditas unggulan kita yakni sayur, buah-buahan, kopi dan lainnya,”pungkas Gubernur Kondomo.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *