Papua Pegunungan Siap Ikut PON Aceh-Sumut

WAMENA | Penjabat Gubernur, Dr. Velix V Wanggai memastikan Provinsi Papua Pegunungan ikut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

Wanggai mengatakan salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang bakal turun di PON tersebut adalah Cabor Futsal.“Tim Futsal kami Papua Pegunungan lolos babak kualifikasi dan lolos ke PON XXI,”kata Gubernur Velix kepada Wapres K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin saat menyapa beberapa pemain Futsal Putra dan Putri Papua Pegunungan usai meresmikan pencanangan Program Strategis Nasional dan Program Strategis Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aithousa, Jl. Trikora, Kota Wamena, Rabu (05/06/2024).

Dibanding Provinsi Papua dan provinsi-provinsi DOB lainnya, Provinsi Papua Pegunungan merupakan DOB yang paling siap menghadapi iven bergengsi nasional di Aceh dan Sumut tersebut. Ini terbukti dari atlet-atlet Papua Pegunungan telah menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) mulai April 2024 lalu.

Saat berkunjung ke Wamena, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin sempat menyapa beberapa pemain Futsal Putra dan Putri Papua Pegunungan yang akan bertanding pada Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh–Sumatera Utara, pada September 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Usai berdialog ringan, Wapres dan Ibu Wury, masing-masing kemudian menyerahkan sebuah bola sebagai bentuk dukungan dan semangat kepada salah seorang perwakilan dari pemain dewasa dan anak-anak.

Kepada Wapres, Pj. Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai memperkenalkan salah seorang pemain futsal putri bernama Ance Wenda yang berhasil mengantarkan Tim Futsal Putri Papua Pegunungan ke PON XXI.

“Kakak Wenda ini salah satu kemarin yang memperkuat tim futsal kami Papua Pegunungan untuk ke PON. Dan alhamdulillaah kita lolos PON untuk futsal,” ungkap Velix bangga.

Velix juga menyampaikan bahwa para pemain futsal anak-anak yang hadir pada acara ini adalah anak-anak para pegawai yang tinggal di kawasan pusat pemerintahan Papua Pegunungan. “Ini semua anak-anak kita di pusat inti pemerintahan, Abah. Anak-anak yang tinggal di Walesi dan Wouma,” ujarnya.

Untuk diketahui , Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai S.IP M.PA yang juga selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Pegunungan secara resmi telah melaunching TC terpusat bagi 15 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan ikut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2024.

Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan juga menyerahkan dana untuk mengikuti TC terpusat sebesar Rp 5,5 milyar.

15 Cabor Papua Pegunungan yang akan berlaga di PON XXI Aceh dan Sumut yakni Tinju, Angkat Berat, Catur, Panahan, Futsal, Pencak Silat, Bilyard, Atletik, Sepak Bola, Karate, Binaraga, Terbang Layang, Angkat Besi, dan Dayung.(TIM/HEN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *