Lepianus Kogoya Ditunjuk jadi Caretaker Ketua KONI Mamteng

WAMENA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua resmi menetapkan Lepianus Kogoya sebagai Carateker KONI Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng).

SK Penetapan Lepianus Kogoya sebagai Caretaker KONI Mamberamo Tengah, secara resmi diserahkan langsung Ketua Harian KONI Provinsi Papua Pegunungan, Antonius Wetipo, Jumat pekan lalu di sekretariat KONI Papua Pegunungan, Wamena.

Wetipo mengatakan penunjukan Lepianus Kogoya, dalam rangka mempersiapkan dan memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Daerah Luar biasa (Musdalub) Kabupaten Mamteng untuk pemilihan pimpinan dan pengurus KONI Kabupaten Mamteng devinitif.

Selain itu, yang bersangkutan ditugaskan memantau perkembangan atlet asal Mamteng yang sedang mengikuti Pra PON maupun menjalani pemusatan latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut). “Juga membentuk pengurus cabang-cabang olahraga prioritas di Mamteng,”ujarnya.

Bacaan Lainnya
Ketua Harian KONI Papua Pegunungan Saat Menyerahkan SK Caretaker Ketua KONI Mamteng kepada Lepianus Kogoya,SP,MKP.(foto: Humas KONI Papua Pegunungan)

Terpisah, Lepianus Kogoya mengatakan saat ini sedang menyiapkan struktur kepanitian untuk segera menggelar Musdalub.

“Sesuai tugas yang diberikan, kami akan langsung bekerja untuk melaksanakan tugas yang diberikan KONI Papua Pegunungan,”kata Lepianus, Selasa, 29 Agustus 2023.

Profil Lepianus Kogoya, SP, MKP
Terlahir dari keluarga penginjil yang jauh di belantara Pegunungan Papua, jalan hidup Lepianus Kogoya penuh liku dan tantangan berat.

Sosok yang akrab dipanggil Leko itu, kini melayani masyarakatnya dan berkarier di pemerintahan. Lewat Gereja, ia membaktikan diri membantu warga di Kampung Binime, Kirabaga Distrik Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Kata orang, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Bapak saya penginjil, makanya saya tidak bisa jauh-jauh dari Gereja. Tetap melayani Tuhan Jesus dengan membangun masyarakat di kampung,”ungkap Leko.

Lepianus Kogoya lahir dan dibesarkan dalam keluarga penginjil yang taat. Bapak ibunya, Pdt.Lebi Zine Kogoya dan Sarah Yikwa menghabiskan seluruh hidup melayani umat disana.

Jalan kaki ribuan kilometer, turun bukit, tidur di hutan hanya untuk satu tugas mulia yaitu mengabarkan Injil, dijalani Leko sejak kecil bersama bapak ibunya.

“Hari ini, buah dari tugas mulia itu dapat saya rasakan dan keluarga. Apa saja yang saya minta kepada Tuhan Jesus, pasti dikabulkan langsung. Tanpa menunggu lama.”

“Saya juga berterima kasih kepada Penjabat Gubernur, dan Ketua Harian KONI Papua Pegunungan yang mempercayakan saya sebagai Caretaker KONI Mamberamo Tengah”ucapnya sembari mengatakan suatu saat anak-anak OAP dari Papua Pegunungan akan berjaya di pentas olahraga dunia.

Sebelum berkarier di pemerintahan, Leko menekuni berbagai pekerjaan untuk menyelesaikan studi hingga saat ini ditugasi Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo,SH,MH sebagai Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Papua Pengunungan.

Pekerjaan yang sudah pernah lakoninya antara lain tukang babat rumput, tukang gerobak di pasar Abepura dan Youtefa. Penjual (loper) koran di Bandara Sentani (Sekarang Bandara Theys Eluay), pencuci mesin cetak koran Papua Post.

Kemudian menjadi wartawan koran PAPUA POST, Pasific Pos,Warta Keerom, bergabung di LKBN ANTARA Papua dan TVRI Papua. Tahun 2008, ia diterima sebagai PNS dengan SK penempatan pertama di Dinas Tanaman Pangan Dan Holltikultura Kabupaten Mamberamo Tengah.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *