KPU Usulkan Dana Pilkada Rp242 M

JAYAPURA | Penjabat (Pj) Gubernur Papua,Dr. M Ridwan Rumasukun,SE,MM didampingi Pelaksana Harian (Pl) Sekertaris Daerah Papua, Derek Hegemur,SH.,MH, Kamis (21/9/2023) menyambangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua.

Kedua petinggi Pemprov Papua ini diterima Ketua KPU Papua, Steve Dumbon dan jajaran KPU. Dalam pertemuan tersebut mendiskusikan proses tahapan Pemilu 2024 dan kendala-kendala yang dihadapi KPU Papua.

Pj Gubernur Rumasukun mengatakan Pemprov Papua dan KPU segera akan membahas secara detail kebutuhan anggaran untuk menopang agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Papua.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Ketua KPU Papua, Steve Dumbon menjelaskan bahwa KPU telah mengusulkan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp 242 miliar dan akan dibahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Papua.

“Kebetulan tahapan Pilkada itu belum jalan. Tapi Penjabat Gubernur Papua sudah berjanji akan memanggil TAPD dan KPU untuk segera membahas anggaran itu,” katanya usai menerima kunjungan Pj. Gubernur Papua.

Selain dana hibah Pilkada, lanjut dia, ada pula dana non tahapan Pilkada yang diberikan Pemprov Papua untuk membenahi Kantor KPU Papua dan sosialisasi Pemilu.

“Beliau (Pj. Gubernur Papua) bantu Rp10 miliar untuk mengcover kekurangan-kekurangan yang akan kami gunakan untuk pembenahan di kantor. Kami juga akan menggunakannya untuk sosialisasi Pemilu karena keterbatasan anggaran,” kata Steve.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rumasukun meminta KPU memberikan laporan mengenai Aparatur Sipil Negara yang ikut serta dalam kontestasi Pemilu. Termasuk kondisi kantor KPU yang perlu dibenahi.
“Pemberitahuan ke kita harus cepat terkait ASN yang terjun ke politik tapi belum berhenti. Sampaikan, biar pak Sekda urus administrasinya,” kata Ridwan.

Ia berharap seluruh anggota KPU Papua tetap dalam keadaan sehat sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dengan begitu, pesta demokrasi di Papua berlangsung dengan aman, damai dan lancar.

“Kalau tadi dari pemaparan peta konflik sedikit, mudah-mudahan penyelenggaran Pemilu bisa jalan dengna baik. Bapa dan ibu juga semoga sehat-sehat terus sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar dia.

Setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas nama Presiden Republik Indonesia pada 5 September 2023 lalu sebagai Penjabat Gubernur Papua, Dr. M. Ridwan Rumasukun langsung gerak cepat dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Ada lima program kerja Pj Gubernur Papua sebagaimana yang tertuang dalam SK Presiden, dimana diperlukan langkah-langkah prioritas yang sistematis, terukur dan terjadwal untuk memastikan tugasnya terarah serta keberlanjutan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

Salah satunya, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan umum yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif. “Termasuk pemilihan kepala daerah serentak Gubernur, Bupati dan Wali Kota,” pungkas Rumasukun.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *