KONI Mappi Siapkan 100 Atlet Ikut Porprov Papua Selatan 2023

MAPPI | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mappi menyiapkan 100 atlet plus official untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan 2023.

Ketua KONI Kabupaten Mappi, Jaya Ibnu Su’ud mengatakan para atletnya disiapkan untuk berlaga di 13 Cabang Olahraga (Cabor) antara lain Basket, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Taekwondo, Futsal, Forki, Biliar, Tenis Meja, Bola Voli, Catur, Dan Bola Kaki.

“Nanti berdasarkan anggaran yang tersedia, kita akan menyesuaikan. Kita berharap dari 13 Cabang Olahraga (Cabor) ini bisa mengikuti ajang provinsi,” terang Ketua KONI Mappi

Jaya mengatakan dengan jumlah kontingen 100 orang maka KONI Mappi membutuhkan dukungan anggaran sekitar Rp 2,5 Miliar. “Tentu, akan menyesuaikan dengan alokasi yang diberikan pemerintah. Intinya menunggu kepastian alokasi anggaran dari Pemkab Mappi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora),”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia mengusulkan agar jadwal pelaksanaan Porprov Papua Selatan seyoginya diundur ke bulan November agar persiapan dan alokasi anggaran untuk kontingen benar-benar terealisasi.

“Supaya memberi ruang untuk daerah lebih mempersiapkan segala sesuatu. Sebab yang dilakukan daerah bukan hanya kesiapan atlet, sarana prasarana pendukungnya juga harus siap sehingga membutuhkan waktu yang cukup,”harap Jaya Ibnu.

“Karena daerah seperti kami di Mappi, dalam rangka efisiensi anggaran untuk sarana transportasi kita harusnya siapkan jauh-jauh hari. Apakah lewat penerbangan yang ada, atau kalau tidak cukup berarti harus alternatif lewat kapal. Ini yang kita harapkan pada Rakerprov nanti kita bisa sepakati bersama supaya semua berjalan maksimal,” pungkas Ibnu.

Kabupaten Mappi sangat mendukung event Porprov. Melalui Porprov nanti, bisa mengevaluasi setiap proses latihan dan kesiapan atlet di daerah sekaligus menjadi salah satu indikator untuk memilih atlet-atlet berprestasi guna mengikuti ajang yang lebih tinggi baik Kejurnas maupun PON.

Plt Kadispora Mappi, Philipus Bumagi mengatakan Pemkab Mappi belum mengalokasikan anggaran untuk ajang Porprov. Namun demikian, pihaknya berupaya agar atlet-atlet Mappi dapat berlaga diajang ini.

KONI Papua Selatan gencar melakukan sosialisasi dan persiapan pembentukan Pengurus Cabang Olahraga guna keikutsertaan pada Porprov 2023.

Ketua Harian Tiga KONI Papua Selatan, Jefry Papare mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi di tiga kabupaten dan akan lanjut di Kabupaten Mappi.

“Kita berharap ketika kita di sana kita bisa mendorong mereka untuk segera membentuk Pengurus Kabupaten (Pengkap) dalam rangka mempersiapkan diri menuju Porprov yang akan dibuka tanggal 20 Oktober 2023,” terang Jefry.
Porprov dipusatkan di beberapa venue di Merauke baik Stadion Katalpal, 2 di GOR Head Sai, Sirkuit Tanah Miring, dan beberapa lainnya.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *