Kapolda Papua Ingatkan Politisi Tak Campur Adukan Paham Separatis

NABIRE | Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengingatkan para elit politik (politisi) agar mengikuti proses dan tahapan pesta lima tahunan itu dengan demokratis dan tidak mencampuradukan paham-paham separatis.

“Saya menghimbau agar para elit politik Papua Tengah tidak mencampuradukkan politik Pemilu dengan paham Papua Merdeka,”pinta Kapolda saat menghadiri Safari Pemilu yang berlangsung di aula Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah, Senin (18/9/2023).

Kapolda Fakhiri mengajak semua stakeholder dapat mengawal semua proses dan tahapan Pemilu 2024 guna meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

Ia menjelaskan dalam pengamanan Pemilu, Polda Papua akan melakukan deteksi dini, bimbingan dan penyuluhan, pengamanan setiap tahapan.

Bacaan Lainnya

Pengamanan terhadap para penyelenggara Pemilu, Capres dan Cawapres, Caleg pada saat kampanye di kewilayahan serta melaksanakan penegakan hukum terhadap semua kegiatan yang mengganggu dan menggagalkan pelaksanaan Pemilu.

Polda Papua, kata Irjen Pol Fakhiri, melibatkan 3.174 personel dan kebutuhan penambahan personel sebanyak 2.862 personel yang akan disebar di beberapa Polres yang ada di wilayah hukum Provinsi Papua Tengah.

Terkait dengan netralitas, Irjen Fakhiri mengatakan personel Polri akan menjaga netralitas demi terwujudnya pelaksanaan demokrasi yang kondusif,melakukan tindakan yang cepat, tepat dan tuntas dalam setiap penanganan pelanggaran Pemilu.

“Saya berharap pertemuan pertemuan seperti ini sebelum pemilu bisa dilaksanakan oleh Bupati dan Kapolres ditingkat Kabupaten, sehingga sumbatan sumbatan kita semua bisa kita selesaikan sehinga kita tidak mencederai pesta demokrasi,” pungkas Irjen Fakhiri.

Pada Safari Pemilu ini juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama Pemilu Jujur, Aman dan Demokratis tahun 2024 di Provinsi Papua Tengah dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilu antara Pemerintah Provinsi Papua Tengah bersama KPU Provinsi Papua Tengah, Bawaslu Provinsi Papua Tengah, Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S.Sos, M.M, Kapoksahli Pangdam XVII/Cend, Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Ketua KPU Provinsi Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni, S.E., Ketua Bawaslu Provinsi Papua Tengah, Markus Maday, S.E., Kasatpol PP Provinsi Papua Tengah, Victor Fun, S.Sos, M.Si. PJU Polda Papua, Para Pejabat di Lingkungan Provinsi Papua Tengah.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *