Bupati Merauke Warning Kepsek Jujur Gunakan BOS

Bupati Romanus Mbraka Saat Melantik Para Kepsek dan Pejabat Fungsional di Merauke.

MERAUKE | Bupati Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Drs. Romanus Mbaraka,MT mengingatkan para Kepala Sekolah (Kepsek) di daerahnya untuk pemanfaatan pengelolaan keuangan di sekolah maupun di seluruh instansi harus dilakukan dengan jujur dan transparan. Ini disampaikannya mengingat ada persoalan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp11 milliar.

“Sekarang bupati sudah dikasih kewenangan untuk kontrol dana BOS. Jangan anggap remeh, nanti kalau ada persoalan baru salahkan sana sini,” tukasnya.

Ia mewarning para Kepsek agar tak lagi mengangkat tenaga honorer sehingga tidak menjadi beban dan tidak mengantungkan masa depan orang lain.

Ratusan Kepala Sekolah (Kepsek) dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua Selatan, 29 Agustus 2023, resmi dilantik.

Bacaan Lainnya

Para pejabat yang dilantik masing-masing 195 Kepala Sekolah Dasar, 50 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), 15 Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA), 13 Kepala Sekolah Menengah Kejujuran (SMK), 59 Kepala Taman Kanak-kanak (TK),1 Kepala Satuan Pendidikan Non Formal, 25 Kepala Puskesmas dan 498 pejabat fungsional tertentu.

“Selamat kepada bapak ibu yang dilantik hari ini. Mari kita buat anak-anak Merauke maju dalam pendidikan dan kesehatan,” ucap Bupati Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Drs. Romanus Mbaraka,MT, disela-sela pelantikan yang berlangsung di Swiss-belhotel Merauke.

Bupati Romanus, menginstruksikan para tenaga pendidik memberikan kesempatan dan perhatian khusus terhadap pelajar asli Marind yang berada di pedalaman supaya dibantu agar Orang Asli Papua (OAP) juga bisa maju dan tumbuh bersama.

“Saya titip anak-anak Marind di pedalaman, rangkul mereka supaya mereka bisa maju dan mampu bersaing,” pungkas Romanus.

Masih banyak anak Merauke yang sudah lulus sekolah tetapi belum bisa membaca, menulis dan menghitung (Calistung). Sehingga, sangat diharapkan Kepsek yang baru dilantik untuk merangkul para guru bekerjasama menata kembali perjalanan pendidikan di Merauke, supaya melahirkan generasi berkualitas.

“Mudah-mudahan dengan saya lantik sebagai kepala sekolah mereka ini akan mampu melahirkan manusia yang cerdas,”harapanya.

Bupati mengapresiasi para guru dan Kepsek dan tenaga kesehatan yang aktif dalam pengabdian menjalankan tugas dengan baik meski berada di pedalaman. “Pendidikan dan kesehatan adalah bagian penting dalam tumbuh kembangnya generasi untuk bisa maju dan mandir,” pungkas Bupati Romanus.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *