34 Ribu PKM Terima Bantuan Dana PKH

Kepala Kantor Pos Merauke Johannes Kesaulija.

MERAUKE | Sebanyak 34.100 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) tahap 3 di Papua Selatan menerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako 2023.

Kepala Kantor Pos Merauke Johannes Kesaulija, Selasa (5/9/2023) mengatakan 34.100 PKM penerima bantuan, tersebar di 4 kabupaten yakni Kabupaten Asmat sebanyak 5.278 PKM, Boven Digoel 5.311 PKM, Mappi 9.096 PKM dan Merauke 14.415 PKM.

“Sehingga total keseluruhan yang sudah tersalurkan untuk tahap tiga sudah mencapai 34.100,”jelasnya.

PT Pos Indonesia, kata Johannes, ditugaskan melalukan penyaluran bantuan tersebut. Untuk Provinsi Papua Selatan, penerima bantuan sembako masing-masing KPM mendapatkan bantuan Rp 600 ribu.

Bacaan Lainnya

Sementara khusus PKH nilainya variatif tergantung anak yang masih sekolah, ada juga yang menerima Sembako dan PKH. “Penyaluran dilakukan setiap tiga bulan kepada penerima manfaat berupa uang tunai yang disalurkan untuk masyarakat Papua Selatan,” ujarnya.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Program sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH.

ProgramPerlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *