6 Pebulu Tangkis Papua Ikut Pra PON di Mataram

MATARAM | Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Papua menurunkan 6 atlet putra andalannya diajang babak kualifkasi (Pra PON) XXI Aceh-Sumatera Utara wilayah IV cabang olahraga Bulu Tangkis.

Pra PON yang dihelat 19-23 Agustus di di GOR Warna Agung, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu 19 Agustus 2023, diikuti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tuan rumah NTB.

Sekretaris PBSI Papua, Djoni Wenas mengatakan pada Pra PON XXI Aceh-Sumut ini, Papua menurunkan 6 atlet putra yang ikut pada nomor tunggal dan beregu, sedangkan atlet putri tidak diikutsertakan.

“Kita turunkan 6 atlet putra sedangkan putri tidak ikut serta. Targetnya kita lolos ke PON Aceh-Sumut,”ungkap Djoni, Senin, 20 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Pada pertandingan perdana, Sabtu, 19 Agustus 2023, tim Papua berhasil mengalahkan NTT 5-0. Selanjutnya pada Selasa dan Rabu menghadapi NTB dan Papua Barat. “Star awal, kita menang 5-0 dari NTT. Mudah-mudahan di pertandingan berikut lawan NTB dan Papua Barat bisa menang, sehingga kita dapat tiket ke PON Aceh-Sumut,”ujarnya.

Pra PON Wilayah IV Bulutangkis dibuka oleh Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB M Nur Haedin mewakili Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, Sabtu (19/8/2023).

Dalam sambutannya, M Nur Haedin mengungkapkan bahwa selurub provinsi saat ink sedang “bertempur” untuk memperebutkan tiket PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.
Nur Haedin juga berharap, seluruh atlet dan perangkat pertandingan tetap sportif dan taat aturan. “Meskipun ajang ini menjadi pertarungan memperebutkan tiket PON.”

Cabang Olahraga Bulutangkis sendiri akan mempertandingkan tujuh nomor pertandingan. Yakni tunggal putra, ganda putra, beregu putra, tunggal putri, ganda putri, beregu putri, dan ganda campuran.
Pra-PON bulutangkis dibagi menjadi enam wilayah. NTB masuk dalam wilayah IV bersama NTT, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Wilayah I mencakup DKI Jakarta, Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Kemudian wilayah II meliputi Jawa Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat.

Wilayah III terdiri dari Jawa Tengah, Jogjakarta, Banten, dan Bali.

Wilayah V mencakup Jawa Timur, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Kalteng, dan Kalbar. Sedangkan wilayah VI terdiri dari Sulsel, Sulut, Sultra, Sulteng, Sulbar, dan Gorontalo.

Kuota yang disediakan dari Pra-PON sebanyak 164 atlet. Atlet putra dan putri masing-masing berjumlah 82 orang. Namun kuota wilayah tidak sama. Untuk wilayah IV hanya ada 18 kuota. Terdiri dari 9 atlet putra dan 9 atlet putri.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *