50.087 KPM di Papua Selatan Dapat Bantuan Beras

MERAUKE | Perum Bulog Merauke menyalurkan bantuan pangan beras tahap 2 tahun 2023 untuk 50.087 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 4 Kabupaten yang berada di Provinsi Papua Selatan.

Kepala Bulog Merauke, Firman Mando menyampaikan program bantuan pangan beras ini merupakan agenda Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional dalam rangka bantuan pangan bagi masyarakat kurang mampu untuk jangka waktu tiga bulan kedepan (September-November 2023).

Firman merinci setiap KPM mendapatkan 10 kg beras per bulan yang salurkan setiap tiga bulan. Kuantum beras yang disiapkan untuk 1 bulan alokasi, sebanyak 5.870 kg. Total untuk tiga bulan alokasi 1.502.610 Kg.

“Sekali terima 30 kg untuk tiga bulan alokasi. Khusus untuk Merauke sasarannya 19.555 KPM dengan total tiga bulan alokasi 586.650 kg,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Program bantuan pangan beras merupakan bentuk bentuk perhatian pemerintah menghadapi fluktuasi harga beras dan sekaligus instrumen untuk menekan inflasi di daerah.

Firman menambahkan hingga Senin, 11 September 2023 stok beras di Bulog Merauke mencapai 2.556 ton dan mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah itu tiga bulan ke depan.

“Sampai Desember, stok beras medium di Papua Selatan aman. Untuk memperkuat ketahanan stok kita akan masuk 4000 ton beras akhir bulan ini atau di awal Oktober sudah tiba di Merauke,” tutup Kabulog.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan mengapresiasi langkah pemerintah pusat melalui Bulog Merauke dalam upaya mengatasi kesulitan pangan di Kabupaten Merauke, Kabupaten Mapi, Asmat, Boven Digoel.

“Ini langkah tepat saat kondisi masyarakat dalam situasi sulit. Saya berharap ini betul-betul tepat sasaran,”ungkapnya usai menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada perwakilan KPM sekaligus melepas truk pengangkut beras di guda Bulog Merauke, Senin pagi.

PT Yasa Artha Tri Manunggal ditunjuk sebagai transporter penyalur beras ke KPM di Papua Selatan.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *